Cara Menghilangkan Swirl Marks

list In: Polishing
Cara Menghilangkan Swirl Marks

Seiring berjalanya waktu dan meskipun sudah rutin dibersihkan, cat mobil bisa jadi kusam dan mungkin terasa agak kasar saat disentuh. Ini terjadi karena adanya penumpukan kontaminan di permukaan yang terlalu kuat untuk dihilangkan hanya dengan mencuci biasa. Inilah alasan mengapa detailing cat secara rutin sangat dianjurkan, bukan sekadar mencuci saja.

Permukaan cat bisa kusam atau rusak dengan berbagai cara, tapi mari kita bahas dulu tentang swirl marks dan sayangnya, kita sendiri yang sering kali menjadi penyebabnya.

Penyebab Swirl Marks pada Cat Mobil

 Pada Ruangan dengan pencahaya yang kurang mungkin tidak akan tampak jelas swirl marks, tetapi jika diperiksa dengan seksama di bawah cahaya yang baik, swirl marks akan terlihat jelas. Seringkali, ini adalah hasil dari teknik pembersihan mobil yang kurang baik. Bila anda mengira mencuci mobil di carwash otomatis bisa membantu menghilangkan kontaminan permukaan sebelum waxing adalah sebuah kesalahan. carwash otomatis justru terlalu kasar dan seringkali memperburuk situasi.

Selain itu, saat mencuci di rumah, spons cuci yang biasa digunakan, meskipun sering dibilas, tetap tidak ideal karena dapat menyimpan partikel grit kecil. Gerakan memutar saat mencuci adalah yang menyebabkan swirl marks muncul. Anda mungkin tidak bisa melihatnya melalui sabun, tetapi mereka ada di sana. Demikian pula, menggunakan handuk atau kain murah untuk mengeringkan mobil juga bisa menyebabkan swirl marks karena alasan yang sama.

Tips untuk Mencegah Swirl Marks

Pemilihan bahan dan produk pembersih sangat penting. Gunakan sampo berkualitas premium, sarung cuci berkualitas tinggi, sering membilasnya, dan keringkan dengan kain mikrofiber yang lembut. Memang tidak untuk menghilangkan swirl marks sepenuhnya, tetapi bisa meminimalisir kemungkinan terburuk lainya. Pastikan sebelum menggunakan produk detailing, permukaan kendaraan benar-benar bebas dari kontaminan yang sulit dihilangkan seperti tar, serangga, dan kotoran jalan.

Cara Menghilangkan Swirl Marks

Ada dua cara untuk menghilangkan swirl marks dan mengembalikan kilau mobil anda, baik secara manual atau dengan bantuan mesin. Berbeda dengan wax, tujuan dari polish mobil adalah menghilangkan lapisan kecil permukaan cat, meskipun tentu saja ini dilakukan pada tingkat mikroskopis, dengan ide bahwa swirl marks akan terhapus.

Polish mobil berkualitas premium seperti ES2 4 IN1 COMPOUND adalah solusi untuk swirl marks. Dengan bahan mikro-abrasif yang secara lembut akan menghilangkan swirl ringan dan oksidasi yang disebabkan oleh sinar matahari dari permukaan cat, menghasilkan hasil akhir yang halus dan mengkilap.

Cara Menghindari Swirl Marks

Untuk mencegah swirl marks, perlu memiliki kebiasaan mencuci yang sangat hati-hati. Simpan spons untuk lantai dapur dan cuci mobil dengan sarung cuci yang tepat. Sarung cuci ini tersedia dalam berbagai bahan, seperti katun dan wol domba, tetapi yang terbaik adalah yang terbuat dari mikrofiber seperti produk ES2 Lap Mikro Fiber High Quality dengan bentuk 'noodle' di permukaan sarung.

Gunakan metode dua ember saat mencuci mobil, satu untuk sampo dan satu lagi untuk membilas secara teratur yang akan membuang grit ke dalam ember di mana ia tenggelam ke dasar. Ketika mencuci selesai, jangan tergoda untuk membuang sisa air sampo ke mobil. Anda hanya akan membuang kembali grit tersebut.

Cara Memoles Mobil dengan Tangan

Memoles dengan tangan membutuhkan sedikit lebih banyak usaha tetapi tetap efektif. Oleskan polish ke kain dan gosokkan secara merata dan hemat ke permukaan cat menggunakan gerakan melingkar, tutupi area kecil setiap kali. Polish akan cepat mengering menjadi kabut buram. Ambil kain mikrofiber bersih yang baru dan, menggunakan gerakan melingkar, buff polish tersebut, pastikan untuk sering memutar kain ke area yang bersih. Melanjutkan dengan kain kotor hanya akan memindahkan residu kembali ke cat! Swirl marks seharusnya berkurang drastis atau bahkan hilang sepenuhnya.

Cara Memoles Mobil dengan Mesin

Oleskan sedikit polish ke kepala pemoles dan kemudian lakukan langkah selanjut sebagai berikut:

  1. Tempatkan pad dengan hati-hati ke permukaan cat dan pastikan perangkat berada pada pengaturan lambat.
  2. Menggunakan gerakan melingkar, gerakkan buffer untuk menyebarkan polish secara merata hingga mengering menjadi kabut.
  3. Ganti kain buffer, tingkatkan kecepatan, dan dengan memberikan tekanan ringan dan merata, poles hingga mengkilap.
  4. Selesaikan residu yang tersisa dengan tangan menggunakan kain mikrofiber.

Sentuhan Akhir

untuk 'Final touch', Anda bisa melakukan tahap pemolesan dengan waxing atau pelapis keramik untuk memberikan efek 'basah' pada kilauan dan tutup dengan ES2 Sealant Shine untuk hasil yang lebih tahan lama!

Itu dia tips cara mencegah dan mengatasi swirl marks agar cat mobil Anda tetap awet dan mengkilap sepanjang hari, selamat mencoba di rumah ya Sobat ES2!

Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday January February March April May June July August September October November December